Pengusaha Ingatkan Ancaman Pangan ke Pemerintah

Kamis, 23 September 2010


Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mewanti-wanti kepada pemerintah terkait ancaman timbulnya kelangkaan pangan. Gangguan panen produk pangan di dalam negeri dan dunia karena iklim ekstrim secara global harus menjadi perhatian pemerintah untuk segera mengambil tindakan nyata.

Ketua Umum Kadin Adi Putra Tahir mengatakan adanya gagal panen di banyak negara dan Indonesia, menyebabkan pasokan pangan nasional berpotensi turun signifikan.

Dikatakan Adi kelangkaan itu juga berpotensi besar memicu gejolak inflasi. Pasalnya, harga pangan juga belum menunjukan tren penurunan pasca lebaran.

Adi Tahir menilai perlu dilakukan re-industrialisasi di sektor pertanian, diantaranya dengan mengubah pola pikir pelaku, dari yang sebelumnya sangat bergantung pada alam menjadi pelaku yang cerdas menggunakan teknologi yang tepat guna dan murah.

"Re-industrialisasi di sektor pertanian diperlukan agar pertanian dikelola dengan modern. Dalam hal ini, petani mendapatkan keuntungan berupa peningkatan kapabilitas dan juga produktifitasnya," kata Adi Kamis malam (23/9/2010).

Ia menggarisbawahi apabila ini tidak dilakukan maka, ancaman kekurangan pasokan pangan akan semakin nyata. Selain itu, dampaknya juga akan berimbas pada kesejahteraan petani akan menurun.

Sumber:www.detikfinance.com

0 komentar: